Senin, 04 Mei 2015

Riwayat Hidup Buddhaghosa

BUDDHAGHOSA

Riwayat hidup Buddhaghosa, Kitab PāỊi yang pertama kali ditulis adalah kitab suci Tipiṭaka pada abad pertama sebelum masehi di Ceylon. Sejak itu di Ceylon banyak ditulis kitab-kitab Ajaran Buddha dalam bahasa PāỊi yang mengacu pada Tipiṭaka. Salah satu  penulis besar bangsa India yang menulis kitab Ajaran Buddha dalam bahasa PāỊi adalah Bhikkhu Buddhaghosa.

Bhikkhu Buddhaghosa adalah komentator terkenal dari naskah-naskah dalam Ajaran Buddha. Sebelum membahas mengenai Bhikkhu Buddhaghosa, sebagai ilustrasi dikemukakan bahwa menurut kitab Buddhaghouppati, Bhikkhu Buddhadatta pergi terlebih dahulu ke Ceylon untuk belajar Ajaran Buddha. Dalam perjalanan pulang kembali ke India, perahu beliau berpapasan dengan perahu yang membawa Bhikkhu Buddhaghosa ke Ceylon. Beberapa kitab karya Bhikkhu Buddhaghosa adalah Mahāvaṁsa, Buddhaghouppati, Gandhavaṁsa, dan Sāsanavaṁsa.


Dalam Mahāvaṁsa disebutkan bahwa Bhikkhu Buddhaghosa dilahirkan di dekat Buddhagayā, namun pendapat lain mengatakan bahwa beliau berasal dari negeri Thailanga. Bangsa Burma mengaku bahwa Bhikkhu Buddhahosa dilahirkan di wilayah Burma. Meskipun banyak pendapat mengenai tempat kelahiran beliau, namun hal yang pasti adalah bahwa beliau berdiam di Buddhagayā cukup lama, di Vihāra yang dipimpin oleh bhikkhu-bhikkhu dari Ceylon. Pada abad ke-4 Masehi, Bhikkhu Kirti Sri Meghavarna dari Ceylon mendapat izin dari Maharaja Samudra Gupta untuk membangun Vihāra di Buddhagayā. Pada abad ke-4 Masehi, Bhikkhu Kirti Sri Meghavarna dari Ceylon mendapat izin dari Maharaja Samudra Gupta untuk membangun Vihāra di Buddhagayā.

Bhikkhu Buddhaghosa juga diyakini menulis beberapa kitab lain yang sekarang sudah tidak ada lagi. Dengan tanpa memasukkan kitab Visuddhimagga yang merupakan ensiklopedia ilmu pengetahuan Ajaran Buddha, Bhikkhu Buddhaghosa dapat disebut sebagai pemikir dan yang terkemuka, karena begitu banyak dan beraneka ragamnya kitab-kitab yang ditulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar